Pemimpin Regu

Setiap regu memilih salah seorang anggotanya sebagai pemimpin. Ia disebut Pemimpin Regu.Pembina Pasukan Pramuka Penggalang mengharapkan banyak dari Pemimpin Regu dan memberikan kebebasan mereka untuk melakukan kegiatan dalam regunya itu. Pemimpin Regu memilih salah seorang anggota lainnya sebagai Wakil Pemimpin Regu.
Pemimpin Regu bertanggung jawab atas kecakapan serta kerajinan anggota regunya. Para pramuka di dalam regunya mentaati perintahnya bukan karena takut akan hukuman seperti sering terjadi dalam kasus-kasus disiplin kemiliteran, melainkan karena mereka merupakan satu tim yang bermain bersama-sama dan mendukung pemimpinnya untuk kehormatan serta kesuksesan regunya.
Pemimpin Regu sambil melatih serta memimpin regunya, ia juga mendapat keuntungan karena memperoleh pengalaman serta mempraktekkannya untuk menjadi seseorang yang dapat memikul tanggung jawab. Di samping melatih anggota regunya, Pemimpin Regu harus memimpin, yang berarti bahwa ia harus sama pandainya dengan para pramuka lainnya dalam berbagai macam pekerjaan, yang harus diselesaikannya. Ia tidak boleh meminta seseorang untuk mengerjakan sesuatu yang ia sendiri tidak ingin mengerjakannya. Ia juga tidak boleh putus asa dalam hal apa pun juga, tetapi harus mempunyai semangat tidak kunjung padam dan selalu bersedia bekerja untuk siapapun juga, serta mendorong usaha-usaha mereka dengan gembira.
Setiap bagian dalam masyarakat memerlukan para pemuda yang dapat dipercaya memikul tanggung jawab serta kepemimpinan. Oleh karena itu Pemimpin Regu yang telah berhasil memimpin regunya dengan baik, besar kemungkinan ia akan memperoleh kesuksesan besar dalam hidupnya jika ia nanti terjun ke dalam masyarakat.
Sebagian besar pekerjaanmu di dalam regu terdiri atas permainan-permainan kepramukaan serta praktek keterampilan kepramukaan, di mana kamu memperoleh pengetahuan dan pengalaman sebagai seorang pramuka.

Dewan Pasukan Pramuka Penggalang
Dewan Pasukan Pramuka Penggalang yang kadang-kadang merupakan bagian penting dari Sistem Beregu. Dewan ini merupakan panitia tetap yang menyelesaikan urusan-urusan pasukan, dengan anggotanya yang terdiri atas para Pemimpin Regu atau jika itu kecil, anggotanya terdiri atas Pemimpin Regu dan Wakil Pemimpin Regu. Pembina Pasukan Penggalang hadir dalam pertemuan dewan itu sebagai penasihat, namun tidak mempunyai hak suara. Dewan Pasukan menetapkan program kerja, tahunan, waktu perkemahan pasukan, penghargaan-penghargaan dan hal-hal yang berhubungan dengan pengelolaan pasukan. Anggota dewan berjanji akan menyimpan rahasia pasukan. Hanya keputusan-keputusan yang berhubungan dengan seluruh anggota pasukan, yaitu perlombaan-perlombaan antar regu, penerimaan anggota baru, serta kenaikan tingkat anggota regu dan sebagainya boleh diumumkan. Para Pemimpin Regu dalam Dewan Pasukan kadang-kadangg memimpin pasukan pada waktu Pembina Pasukan dan para Pembina Pramuka berhalangan hadir.

(Diposting dari: SCOUTING FOR BOYS)

Entri Populer