Woodcraft


Woodcraft adalah pengetahuan tentang binatang-binatang dan alam. Kamu dapat mempelajari berbagai macam binatang dengan mengikuti jejaknya serta dengan merangkat mendekati mereka, sehingga kamu dapat melihat keadaan mereka di alamnya dan mempelajari kebiasaan-kebiasaannya.
Kesenangan dalam memburu binatang itu terletak pada kepandaian mengintainya, bukan pada membunuhnya. Tidak ada seorang pramuka pun yang suka membunuh binatang hanya dengan maksud untuk membunuhnya. Hewan dibunuh hanya kalau perlu untuk dimakan atau karena binatang itu merugikan atau membahayakan. Dengan memperhatikan binatang di alam terbuka terus menerus, orang akan mencintai binatang, sehingga tak akan sampai hati untuk membunuhnya.
Selain melihat jejak-jejak serta tanda-tanda lain yang kecil, woodcraft itu mengandung kecakapan membaca arti jejak-jejak dan tanda-tanda tersebut. Misalnya: akan ke mana binatang itu pergi, apakah binatang itu ketakutan atau tidak curiga, dan sebagainya. Pengetahuan tersebut memungkinkan seorang pemburu menemukan jalannya di dalam hutan atau di gurun. Pengetahuan itu juga mengajarkan tentang buah-buahan serta umbi-umbian mana yang terdapat di hutan yang dapat dimakan oleh manusia atau mana yang dapat dimakan oleh binatang, karena hal itu akan menarik mereka.
Begitu juga di tempat-tempat yang tidak didiami orang, kamu dapat membaca jejak-jejak orang, kuda, sepeda, motor dan karena itu dapat mengetahui apa yang terjadi. Dengan tanda-tanda yang kecil, kamu belajar memperhatikan. Umpamanya ada burung yang sekonyong-konyong terbang ke udara. Hal itu menunjukkan bahwa ada sesuatu yang bergerak di dekatnya, walaupun kamu tidak dapat melihatnya.
Dengan memperhatikan benda-benda kecil di tanah, seringkali kamu akan menemukan barang yang hilang, di mana pada akhirnya kamu akan dapat mengembalikan benda-benda tersebut kepada pemiliknya.
Dengan memperhatikan tingkah laku atau pakaian seseorang serta menghubungkan ini dan itu, kadang kala kamu mengetahui bahwa orang tersebut berniat jahat, sehingga kamu dapat mencegah suatu tindakan kriminal, atau kamu dapat mengetahui bahwa orang itu sedang mengalami kesulitan dan memerlukan pertolongan atau simpati. Dalam hal ini kamu dapat berbuat apa yang menjadi kewajiban utama seorang pramuka: yaitu menolong mereka yang ada dalam keadaan bahaya dengan jalan bagaimanapun juga.
Infat bahwa akan merupakan suatu hal yang memalukan bagi seorang pramuka, jika ia sedang berada bersama orang-orang lain, dan mereka melihat sesuatu, besar atau kecil, dekat atau jauh, tinggi atau rendah, sementara ia sendiri tidak melihatnya.


(diposting dari SCOUTING FOR BOYS)

Entri Populer