Apa yang Pramuka dan Bukan Pramuka

APA YANG BUKAN KEPRAMUKAAN
Pengalaman di berbagai bidang memperlihatkan bahwa ada beberapa hal yang harus dihindari dalam melaksanakan kepramukaan, agar kita tidak terjebak pada komersialisasi atau kemacetan memasuki suatu kanal buntu yang tidak akan pernah membawa kita menuju laut bebas.
Ada beberapa hal yang berbeda dengan yang dimaksudkan oleh kepramukaan:
  • Kepramukaan bukanlah suatu organisasi penyandang dana yang harus dijalankan di masyarakat untuk kebaikan anak-anak miskin.
  • Kepramukaan bukanlah suatu sekolah yang memiliki kurikulum yang jelas dan pengujian baku.
  • Kepramukaan bukanlah suatu brigade untuk melatih sifat kejantanan kepada anak laki-laki maupun perempuan.
  • Kepramukaan buka suatu agen pesanan untuk kesenangan publik.
  • Kepramukaan bukan pula untuk gagah-gagahan tentang keberhasilan yang telah dicapai dengan didapatkannya tanda jasa, lencana, medali, dll.
Semua hal tersebut di atas munculnya dari pandangan orang luar, padahal pelatihan pramuka semua datang dari dalam.

APA YANG MERUPAKAN KEPRAMUKAAN
Kepramukaan adalah suatu "permainan" di mana pembina putra atau pembina putri dapat memberikan lingkungan yang sehat kepada adik-adik anggota pramuka dan telah mendorong mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang sehat, yang dapat membantu mereka mengembangkan sifat kewarganegaraan yang baik.
Daya tarik kepramukaan yang paling kuat adalah melalui Belajar Melalui Alam dan Ketrampilan. Jiwa kepramukaan berhubungan dengan individu, bukan dengan kelompok. Kepramukaan meningkatkan daya intelektual sekaligus jasmani, atau kualitas moral secara alami.
Semula kepramukaan dimaksudkan untuk meraih tujuan akhir ini - kini melalui berbagai pengalaman kita tahu bahwa, manakala dilaksanakannya dengan tepat, kepramukaan dapat meraih hal tersebut.

(diposting dari AIDS TO SCOUTMASTERSHIP by BADEN-POWELL)

Entri Populer